Halaman

Powered By Blogger

Cari Blog Ini

Minggu, 21 Oktober 2012

Perkenalan PHP


Perkenalan PHP

PHP (PHP: Hypertext Preprocessor) merupakan bahasa pemrograman yang bersifat open source, dan dapat di embeded dengan HTML.
Tag Awal dan Tag Akhir
Script PHP diawali dan diakhiri dengan menggunakan tag khusus. Ada 4 macam cara yang dapat digunakan untuk menuliskan script PHP di dalam suatu dokumen HTML.

Cara I:
<? echo("Script PHP");?>
Cara II:
<?php echo("Script PHP");?>
Cara I merupakan cara yang lebih praktis, selalu mengasumsikan bahwa <? adalah awal dari script PHP. Pada cara II digunakan untuk informasi bahwa berikutnya adalah script PHP.
Cara III:
<% echo("Script PHP");%>
Cara IV:
<%=$namaVar;%>

pada cara ini tanda sama dengan digunakan untuk menggantikan perintah echo. Operator " = " digunakan jika hanya ingin menampilkan isi dari satu variabel.
Cara III dan cara IV menggunakan gaya Active Server Pages (ASP). Cara III dan IV disediakan untuk mengakomodasi pemrogram ASP yang terbiasa menggunakan <% dan %> dalam membuat script ASP, hanya saja sekarang yang dituliskan di dalamnya adalah script PHP bukan script VBScript. ASP adalah teknik pemrograman web dengan bahasa script VBScript, merupakan produk yang dikem-bangkan oleh Microsoft, merupakan default piranti pengembangan web untuk produk Microsoft (IIS).
Cara III dan IV dapat dilakukan oleh PHP apabila nilai asp_tags pada php. ini diberi On bukan Off.



Contoh 1 (latihan1.php)
<html>
    <head>
        <title>Example</title>
    </head>
    <body>

        
<?php
        
echo "Hi, I'm a PHP script!";
        
?>
    </body>
</html>


Contoh 2 (latihan2.php)
<html>
 <head>
  <title>PHP Test</title>
 </head>
 <body>
 
<?php echo '<p>Hello World</p>'?>
 </body>
</html>


Tag <Script>

Penggunaan pasangan tag <script> dan </script> juga masih dapat digunakan untuk menyisipkan script HP yang kita buat. Sebenarnya secara pemrograman HTML model script embedded dengan menggunakan tag <script> ini lebih umum, tetapi jarang digunakan apabila membuat/mengembangkan script PHP, karena yang lebih umum dengan menggunakan tag <? dan ?>.



Sintaks dari tag <script> untuk menggunakan PHP adalah sebagai berikut:

<script language="php">
Perintah-perintah php
</script>

Nama file : tag_script.php

<html>
<head>
<title>Script PHP dengan tag script</title>
</head>
<body>
<hl>Penggunaan Tag script</hl>
<script language="php">
  echo "Penggunaan tag script untuk PHP";
  echo "juga bisa digunakan!";
</script>
</body>
</html>


Variabel
Variabel tempat menyimpan data, di dalam PHP diawali dengan karakter $ diikuti dengan huruf sebagai karakter pertama setelah $, kemudian kombinasi karakter dan angka. Tidak boleh ada spasi dan tanda baca dalam penamaannya, kecuali karakter _ (garis bawah, under score).
Contoh nama variabel yang benar:

$namauser
Spassword
$kota2
$tmpat_lahir

Contoh nama variabel yang salah:

Snama user
$Pass/word
$kota 2

Tipe Data
Tipe data primitif yang dapat diolah oleh PHP:
       Integer
       Floating point
       String
Integer dan floating point kelompok tipe data numerik.

Selain itu tipe data yang lain adalah tipe data compound, terdiri atas:
       Array
       object
Tipe Data Integer
5
-7
2000
012 -> octet
Oxff -> hexadecimal

Tipe Data Floating Point
2001.25 23e25

Tipe Data String
'Teks dengan apostrophe'   -> tanda petik tunggal
"Teks dengan quote (kutip)"  -> tanda petik ganda


Tanda petik tunggal umum digunakan sebagai konstanta string Akan lebih jelas terlihat pada bagian pembahasan tentang menampilkan data yang melibatkan variabel.

Tipe Data Objek
Tipe data ini merupakan tipe data baru, merupakan pengembangan PHP untuk mendukung pemrograman berorientasi objek. Tipe data objek adalah tipe data yang di dalamnya mempunyai data dan method. Data yang dipunyai oleh suatu objek populer dengan nama atribut, dan method suatu objek umumnya berupa suatu fungsi.
Data objek didefinisikan dengan membuat definisi kelas terlebih ahulu. Suatu variabel yang bertipe objek diinisialisasi (dideklarasi) dengan menggunakan perintah new kemudian nama objek (berupa nama kelas objek).
Tipe Data Array
Tipe data array akan dibahas pada bab khusus tentang array, karena tipe data array selain menyangkut tentang tipe juga menyangkut tentang masalah variabel yang khusus.
Nilai Boolean
Nilai boolean adalah nilai yang menyatakan benar atau salah (true atau false). Pada kebanyakan bahasa pemrograman atau pada dasar-dasar pemrograman maka nilai boolean ini dinyatakan sebagai tipe data dasar (primitif), yaitu 1 dan 0. 1 untuk menyatakan benar dan 0 untuk menyatakan salah, bisa juga dengan true atau false.
Nilai boolean sangat diperlukan terutama pada pengendalian struktur program, seperti pada if/else atau pada while, do/while.
Pada PHP maka nilai boolean secara otomatis akan disertakan pada setiap variabel, artinya bahwa suatu variabel akan secara otomatis akan bernilai ture atau false tergantung pada nilai yang disimpan pada variabel tersebut.

Berikut adalah ketentuan dari nilaf bpolean setiap variabel:
      Jika variabel yang berisi data integer atau floating point, maka variabel tersebut akan bernilai boolean false apabila isinya 0, sedangkan jika variabel bernilai bukan 0 maka variabel mempunyai nilai boolean true.
      Jika variabel berisi data string, maka variabel akan bernilai boolean false apabila berisi string kosong, dan bernilai true apabila tidak kosong.
      Jika variabel berupa array, maka variabel akan bernilai boolean false apabila array tersebut tidak memiliki anggota (elemen), dan true apabila memiliki anggota, lihat bab khusus tentang array.
      Jika variabel berupa objek maka variabel akan bernilai false apabila objek tersebut tidak memiliki variabel dan fungsi. Jika memiliki variabel atau fungsi maka variabel objek tersebut bernilai true.
      Jika objek tersebut belum didefinisikan maka objek tersebut bernilai false, termasuk di dalamnya suatu variabel yang belum didefinisikan.
PHP memiliki keyword true dan false, untuk menyatakan nilai booleannya, untuk menyatakan secara eksplisit suatu variabel yang khusus digunakan untuk menyimpan nilai boolean.

Contoh nama script: boolean_01.php

<html>
<head>
<title>Boolean!</title>
</head> <body>
<hl>Coritoh Variabel Nilai Boolean </hl>
<Pre>
$a = true;
$b = false;
</pre>
Hasil eksekusi dengan PHP : <br>
<?
$a = true;
$b = false;
echo "\$a = $a"."<br>";
echo "\$b = $b"."<br>";
?>
</body>
</html>

Dari  contoh di  atas,   maka keyword  frue adalah   1   sedangkan keyword false adalah string kosong.

Assignment (=)
Assignment merupakan proses pengisian data ke dalam variabel. PHP tidak mempunyai pembatasan suatu variabel untuk menyimpan suatu tipe data, seperti umumnya bahasa pemrograman, kalau sudah   digunakan   sebagai   variabel   untuk   data   numerik   maka variable tersebut tidak dapat diisi dengan data string.

$bill = 5;
$bil2 = -7;
$jml=$bill+$bil2;
Menampilkan Data
Untuk menampilkan data ke dalam standar output dapat meng-gunakan perintah print atau echo.
Data yang dicetak dapat berupa string atau numerik. Jika string maka harus dikutip dengan menggunakan tanda kutip (quote) atau tanda petik (apostrophe).
print & echo merupakan perintah yang sama. Diserahkan kepada anda untuk menggunakan yang mana yang anda suka


<html>
<head>
<title>Contoh echo dan print</title>
</head>
<body>
<?php
echo "Teks ini dibuat dengan perintah echo ";
?>
<br>
<?
print "Teks ini dibuat dengan perintah print ";
?>
<br>
<?
$a=28;
?>
Cetak dengan apostrophe
<?
print 'Isi dari variable \$a = $a';
?>
<br>
<?
$a=28;
?>
Cetak dengan quote (double quote)
<?
print "Isi dari. variable \$a = $a";
?>
</body>
</html>


Dari contoh echo dan print di atas diperlihatkan perbedaan antara string dengan apostrophe (single quote) dengan string yang menggunakan quote (double quote).
Pada string yang menggunakan apostrophe, maka string yang diapitnya dianggap sebagai string literal, pada string yang diapit dengan menggunakan quote PHP akan menampilkan isi dari variabel jika ada. Tanda\merupakan karakter escape, sehingga yang ditampilkan adalah karakter $ bukan variabel $a. Karakter escape dapat dilihat pada bagian escape character.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar